2 Februari 2023

Kampus Unggul dan Berkemajuan –
Fakultas Kesehatan Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), menjadi Fakultas ke tiga dalam melaksanakan Workshop “Pengembangan Kapasitas Dosen Pembimbing Skripsi”, dimana keseluruhan pelaksanaan Workshop ini Rektor UMGO, Prof. Abd. Masaong, menjadi narasumber utama.

Kegiatan ini penting dilaksanakan agar
para dosen pembimbing skripsi memiliki  bekal dalam membimbing skripsi lebih baik lagi. Sehingga skripsi yang dihasilkan mahasiswa bisa berkualitas dan menjadi rujukan dari  pembaca atau riviewer.

FIKES menggelar kegiatan Workshop di Aula Rektorat Lantai 3 UMGO, Jum’at (30/09/2022). Para dosen yang menjadi pembimbing skripsi tahun akademik 2022/2023 diberi pemantapan oleh Rektor UMGO mengenai pembuatan skripsi.

“Saya bukan yang terbaik sebagai pembimbing, tetapi saya ingin kita semua disini memperbaiki kekurangan yang kita miliki dengan mulai mencoba membedah skripsi dan membedah peran kita sebagai pembimbing karena ini penting. Workshop ini sudah dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Fakultas Ilmu Sosial dan hari ini Fakultas Ilmu Kesehatan, sisanya tinggal Fakultas Sains dan Ilmu Komputer dan Fakultas Psikologi yang akan dilaksanakan Minggu depan,” jelasnya.

Rektor UMGO saat memaparkan materi dalam Workshop Penguatan Kapasitas Dosen Pembimbing Skripsi di Lingkup FIKES

 

Prof. Kadim juga menerangkan, pembimbing itu beda dengan editor karena pembimbing adalah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan karya tulis mahasiswa, jika skripsi mahasiswa kurang baik  berarti ada andil pembimbing.

“Kalau mau diukur kualitas keilmuan kita itu ada di pembimbingan, yang paling banyak dibaca oleh perguruan tinggi lain atau dosen-dosen lain. Strategi saya dalam pembimbingan, skripsi mahasiswa itu saya buka saat melangsungkan ujian karena saya sudah tau dibagian mana yang harus diperbaiki dan saya tidak mau merepotkan mahasiswa,” ungkapnya.

Terakhir, Rektor mengatakan integritas dosen pembimbing skripsi kepadanya dan keutuhan pribadi, bersatu dan berpadu antara kata dan perbuatan, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, konsisten dan obyektif menegakan keilmuan, membimbing mahasisa dengan niat yang tulus dan mengamalkan ilmu.

“Juga hindari plagiat dan bisnis skripsi agar ilmu dan rezeki kita berkah,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri oleh Rektor UMGO, Prodi. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, seluruh Dosen Fikes yang juga menjadi Dosen Pembimbing Skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.